February 23, 2024

Trendrays.com

Trend Info Terkini

2 Jenis Polis Asuransi Jiwa dan Perbedaannya

Salah satu jenis asuransi Indonesia yang paling populer dan wajib Anda miliki adalah asuransi jiwa. Bahkan, asuransi jiwa sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan kondisi finansial Anda.

Secara garis besar, asuransi jiwa bisa dikategorikan ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) dan asuransi jiwa berjangka (term life insurance). Untuk mengenali perbedaan di antara keduanya, mari simak rangkuman penjelasannya berikut ini!

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Whole life insurance alias asuransi jiwa seumur hidup dapat memberikan perlindungan seumur hidup Anda. Hanya saja, jenis asuransi jiwa ini juga memiliki jangka waktu perlindungan meskipun jauh lebih lama dibandingkan asuransi jiwa berjangka. Durasinya juga beragam, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

Polis asuransi jiwa seumur hidup pada dasarnya memastikan bahwa besaran premi yang Anda bayarkan tidak akan berubah dari waktu ke waktu. Dan besar manfaat kematian yang bisa cair nanti tetaplah sama. Maka dari itu, dari awal sampai akhir Anda mendapatkan kepastian soal besaran premi hingga pertanggungan yang dapat cair apabila Anda meninggal.

Jenis asuransi Indonesia yang satu ini cocok bagi Anda yang menghendaki perlindungan seumur hidup dan bersedia membayar premi yang tertera pada polis. Hanya saja, perlu Anda catat bahwa besar angka polis asuransi jiwa seumur hidup lebih mahal, terutama jika dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka.

Asuransi Jiwa Berjangka

Sementara itu, asuransi jiwa berjangka alias term life insurance menyediakan perlindungan untuk jangka waktu tertentu. Durasinya sendiri beragam, namun biasanya dimulai dari 5 tahun dan kelipatannya.

Karena jangka waktu perlindungan asuransi yang lebih singkat, Anda bisa tentukan sendiri berapa lama durasi yang Anda kehendaki. Maka dari itu, besaran premi asuransi jiwa berjangka lebih terjangkau daripada asuransi jiwa seumur hidup. 

Jenis asuransi jiwa yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menghendaki proteksi untuk situasi tertentu, termasuk selama Anda harus melunasi utang. Misalnya, Anda bisa membeli polis asuransi jiwa berjangka dengan durasi sampai dengan Anda pensiun — 20 atau 30 tahun saja — sehingga keluarga bisa mendapatkan manfaat kematian jika Anda meninggal selama perlindungan asuransi masih aktif.

Hanya saja, perlu Anda perhatikan bahwa preminya akan berubah dan bertambah setiap kali Anda melakukan pembaharuan polis. Bahkan perbedaannya bisa sangat jauh karena artinya kondisi dan usia Anda yang terkini lah yang jadi patokan dalam menentukan besaran polis yang baru. 

Nah, itu tadi rangkuman penjelasan mengenai kedua jenis asuransi jiwa tersebut. Tentu saja, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri sehingga tak ada salahnya untuk selalu mempertimbangkan dengan matang terlebih dahulu sebelum memilih jenis asuransi jiwa yang tepat untuk Anda.