May 19, 2022

Trendrays.com

Trend Info Terkini

5 Ikan Arwana Termahal, Tembus Rp 5,6 Miliar!

Berbicara tentang ikan tercantik dan termahal, para fish lovers pasti setuju jika ikan arwana termasuk salah satunya. Ikan yang dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya ini merupakan jenis ikan hias bertubuh besar dengan bentuk mulut unik, dimana bagian bawah mulutnya terlihat menajam ke atas.

Termasuk ke dalam salah satu keluarga ikan tertua di dunia, sehingga arwana memiliki banyak famili berbeda sejak dahulu. Tak heran jika jenisnya sangat beragam, yang dijual mulai dari harga jutaan hingga miliaran rupiah. Penasaran apa saja jenis arwana termahal di dunia? Simak dalam artikel home & living di bawah ini.

 

  1. Cross Black Golden

Berasal dari wilayah danau Bukit Merah dan Johor, Malaysia, Cross Black Golden yang bernama latin Scleropages formous ini tampil dengan corak keemasan di bagian punggungnya.

Di Malaysia, jenis ini kerap disebut dengan Pahang Golden dan Malaysian Gold. Meskipun begitu si Malaysian Gold ini juga memiliki beberapa corak unik lainnya, dengan harga jual di pasaran mencapai Rp 18 juta.

  1. Black Golden

Tak jauh berbeda dari jenis sebelumnya, Black Golden juga memiliki tubuh berwarna emas namun dengan sisik berdasar hitam. Sama-sama berasal dari Malaysia, habitat asli Black Golden adalah rawa sehingga keberadaannya sulit ditemukan. Tak heran jika jenis ikan arwana ini dijual dengan harga cukup tinggi berkisar Rp 18 juta.

  1. Super Red

Menjadi arwana kebanggaan Indonesia, Super Red berasal dari sungai Kapuas dan Sentarum di Kalimantan. Warna tubuhnya yang merah menyala dan menawan, membuat Super Red menjadi salah satu yang paling diminati kolektor. Karena itulah harga jual di pasaran dibandrol cukup tinggi hingga Rp 48 juta.

  1. Batik

Meskipun bernama batik, namun jenis satu ini rupanya bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Myanmar. Sisiknya bercorak layaknya pola batik dengan kombinasi warna perunggu dan silver, sehingga unik dan berbeda dari warna ikan pada umumnya. Tak heran jika arwana corak batik ini dibandrol seharga Rp 56 juta.

  1. Platinum

Merupakan arwana termahal di dunia, jenis Platinum termasuk eksklusif dan premium. Dengan warna putih yang elegan dan cantik, jenis ini umumnya kerap dijumpai di Sungai Amazon sehingga tidak mudah dijangkau manusia. Bahkan beberapa sumber menyebutkan jika arwana ini merupakan hasil mutasi genetik langka, yang dibandrol dengan harga fantastis mencapai Rp 5,6 miliar.

Tips Memelihara Arwana

Berikut beberapa tips dalam merawat ikan bertubuh besar ini.

  • Siapkan akuarium dengan ukuran dua kali lebih besar dari ikan.
  • Pastikan akuarium tertutup dengan baik agar ikan tidak melompat keluar.
  • Pasang termometer di akuarium untuk mengetahui suhu air di dalam akuarium. Pasalnya habitat utama arwana berasal dari daerah hangat.
  • Berikan makanan berprotein tinggi dalam jumlah banyak.
  • Siapkan sistem filtrasi baik untuk menjaga kualitas air dalam akuarium, karena kotorannya cukup banyak.

 

Itulah jenis ikan arwana termahal yang tembus hingga miliaran rupiah. Anda tertarik memilikinya?