May 19, 2022

Trendrays.com

Trend Info Terkini

5 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Ketombe bukanlah masalah rambut yang sepele. Sebab, ketombe sangat mengganggu, khususnya penampilan Anda. Bagi sebagian besar orang, ketombe menjadi masalah yang sulit untuk diatasi, meski demikian, bukan berarti tidak bisa diatasi. Nah, untuk lebih mudah mengatasi masalah ketombe, ada baiknya Anda mengetahui penyebab ketombe di bawah ini.

Penyebab Ketombe

Ketombe biasanya ditandai dengan serpihan kulit kepala yang mati dan berminyak, serta berwarna putih. Biasanya, ketombe menyebabkan rasa gatal dan bertebaran pada rambut. Bahkan bisa juga berjatuhan pada bahu. Secara umum, ketombe bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Dermatitis Seboroik

Kulit kepala yang iritasi dan berminyak bisa menjadi hal umum yang menyebabkan ketombe. Masalahan dermatitis seboroik ditandai dengan kulit kepala yang memerah dan berminyak. Serta akan tertutupi dengan sisik berwarna putih atau kekuningan.

2. Tidak Rajin Keramas

Tidak rajin keramas juga menjadi penyebab dari ketombe. Sebab, minyak rambut dan sel-sel kulit kepala akan terangkat jika tidak rutin dicuci. Sehingga akan menyebabkan ketombe. Perlu diingat rajin keramas disini, tidak berarti setiap hari harus keramas. Anda hanya perlu keramas dua hingga tiga kali dalam seminggu.

3. Jamur Malassezia

Jamur Malassezia memang hidup pada kulit kepala orang dewasa. Namun, jika pertumbuhan jamur ini berlebihan akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit kepala. Dengan begitu akan menyebabkan banyak sel yang mati dan berakhir pada permasalahan ketombe.

4. Kulit Kering

Kulit kepala yang kering memang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ketombe. Meski demikian, serpihan kulit kepala yang kering umumnya kurang berminyak dan lebih kecil jika dibandingkan dengan penyebab ketombe lainnya.

5. Sensitif Terhadap Produk Tertentu

Saat menggunakan produk perawatan rambut maupun menggunakan pewarna rambut ada baiknya Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, dalam beberapa kasus, ada orang yang sensitif terhadap bahan-bahan yang digunakan pada produk perawatan rambut tersebut. Sebab, sensitivitas ini bisa menyebabkan masalah ketombe.

Cara Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe hampir selalu bisa diatasi dengan rutin mencuci rambut dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan shampo khusus anti ketombe. Setelah masalah ketombe teratasi, batasi penggunaannya seminggu sekali untuk mencegah ketombe muncul kembali. Adapun Shampo anti ketombe yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  1. Shampo yang mengandung zat antibakteri dan antijamur, zinc pyrithione
  2. Shampo dengan kandungan tar batubara, yang dapat memperlambat proses pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala, tetapi dapat membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari
  3. Shampo dengan asam salisilat yang menghilangkan kerak pada kulit kepala
  4. Shampo yang mengandung selenium sulfida atau ketokonazol bersifat antijamur, tetapi harus berhati-hati karena dapat mengubah warna rambut dan kulit kepala Anda.

Nah itu dia beberapa penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui dan juga cara mengatasinya dengan keramas menggunakan shampo anti ketombe saja secara rutin. Nah jika Anda sedang mencari shampo anti ketombe, Clear Men Cool Sport Menthol dan Clear Ice Cool Menthol bisa menjadi pilihan terbaik.