May 19, 2022

Trendrays.com

Trend Info Terkini

Anak Mulai MPASI Pertama, Coba 5 Tips Sederhana Ini!

MPASI merupakan momen penting yang bisa mengenalkan anak pada rasa makanan sejak dini. Pastikan Anda tetap memberikan ASI eksklusif meskipun anak sudah mulai mendapatkan menu pendamping ini. Pilih jenis makanan yang bisa dijadikan puree atau diolah menjadi nasi tim dengan tekstur lembek sesuai kemampuan makan bayi usia enam bulan ke atas. Anda bisa beli Milna yang memiliki produk bubur dengan variasi rasa sayuran, daging atau kacang-kacangan bergizi tinggi untuk si kecil. 

MPASI yang Wajib Anda Perhatikan Sejak Awal 

Supaya proses mengenalkan rasa makanan pada anak, sebaiknya Anda mengetahui tips melakukan MPASI pertama bayi usia enam bulan berikut :

  • Berikan 2-3 kali sehari saja

Untuk mulai MPASI, sebaiknya Anda memberikan menu MPASI 2-3 kali sehari saat anak mulai usia enam bulan. Bila anak masih enggan makan, Anda bisa memberikan makanan selingan ini sekali lebih dulu.

  • Berikan porsi makan sedikit saja 

Jangan langsung berharap anak akan menghabiskan semangkuk puree atau bubur yang sudah disajikan, tetapi Anda harus memberikan porsi kecil saja. Berikan 2-3 sendok makan setiap waktu makan, lalu berikan MPASI lebih banyak secara bertahap saja. 

  • Durasi makan singkat 

Jangan memaksa anak untuk makan banyak dalam waktu lama, tetapi Anda harus membatasi durasi anak makan sekitar tiga menit saja. Jika anak hanya bermain-main saja selama lima belas menit MPASI, sebaiknya Anda tidak memaksa si kecil berkelanjutan. 

  • Hindari membiarkan anak makan sambil bermain atau menonton televisi

Sebaiknya Anda tidak membiarkan anak makan sembari bermain, menonton televisi atau bermain gawai. Hal ini bisa membuat fokus anak teralihkan pada hiburan sehingga enggan makan MPASI lebih banyak. Seiring usia anak, Anda bisa mengajarinya untuk makan sendiri dengan peralatan makan yang lebih unik atau memiliki karakter favorit si kecil. 

  • Berikan menu makanan yang bergonta-ganti 

Selang-seling makanan sangat perlu Anda lakukan agar anak tidak merasa bosan. Pasalnya, anak yang bosan dengan menu MPASI itu-itu saja, maka ia akan malas menikmati waktu makan. 

Pilih jenis makanan yang bisa Anda jadikan puree lebih sehat dan enak, misalnya pisang, alpukat, wortel, pir, ubi, dan lain-lain. Nasi tim sayuran dan daging yang direbus dan blender sampai halus cocok diberikan untuk makanan utama, menambahkan menu selingan puree buah bisa menjadi nutrisi terbaik si kecil. 

Anda juga bisa beli Milna biskuit yang memiliki tekstur lebih padat untuk anak yang sudah MPASI dan berusia lebih besar. Bisa juga membeli produk Milna bubur yang memiliki tekstur lembut sesuai dengan perkembangan kemampuan makan si kecil. Ciptakan situasi yang kondusif agar anak lebih suka makan sehingga pertumbuhan dan perkembangannya bisa maksimal, ya! Beli Milna yang orisinal dengan harga kompetitif di jasa jual perlengkapan bayi yang terpercaya sekarang juga.