January 28, 2023

Trendrays.com

Trend Info Terkini

Bintik Merah di Kulit, Berikut Penyebab, Cara Mengobati, dan Cara Mencegah Petekie

Meski dapat hilang sendiri, sebaiknya penderita petekie tetap mencari penyebab dan solusinya. Kondisi ini terjadi jika ada bintik kecil warna ungu, cokelat, atau merah di kulit. Bahkan, bintik-bintik tersebut bisa terjadi di kelopak mata atau dalam mulut. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Petekie

Biasanya, kasus petekie tidak bahaya. Tetapi, ada juga yang mengharuskan Anda untuk kedokter. Beberapa penyebabnya antara lain cytomegalovirus (CMV), endocarditis, sindrom paru hantavirus, cedera, leukimia, meningococcemia, mononucleosis (Mono), rocky mountain spotted fever (RMSF), demam berdarah, penyakit kudis, sepsis, mengejan, radang tenggorokan, trombositopenia, vasculitis, dan demam berdarah virus. Bahkan, beberapa obat tertentu juga dapat menyebabkan petekie.

Cara Mengobati Petekie

Cara mengobati petekie tergantung penyebabnya. Misalnya, jika penyebabnya adalah obat-obatan tertentu, maka Anda harus menghentikan konsumsi obat tersebut.Beberapa resep dari dokter dalam mengatasi kondisi ini adalah:

  • Kemoterapi, terapi biologis, ataupun radiasi untuk mengobati kanker
  • Obat yang menekan imun tubuh, seperti cyclophosphamide, methotrexate, dan azathioprine
  • Kortikosteroiduntuk menurunkan peradangan
  • Antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri

Namun, Anda harus tetap konsultasi dulu dengan dokter agar tahu penyebab sebenarnya sehingga Anda akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sebenarnya, Anda juga bisa mengatasi petekie sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah. Namun, ini hanya berlaku jika petekie yang Anda alami tidak berbahaya atau hanya ringan.

Untuk meredakan gejalanya, cukup istirahat & minum obat pereda nyeri seperti Tylenol, motrin, atau advil. Anda juga dapat minum cairan ekstra agar tidak dehidrasi.

Bagaimana Cara Mencegah Petekie?

Cara mencegah petekie adalah dengan menghindari penyebabnya. Tetapi, Anda tidak bisa mencegah semua kemungkinannya. Namun, Anda bisa berusaha mencegah infeksi yang bisa menyebabkan petekia dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Sering mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Atau, gunakan juga pembersih tangan berbasis alkohol.
  2. Jauhi siapapun yang terlihat sakit.
  3. Jangan berbagi peralatan makan, minum, ataupun barang pribadi lain.
  4. Bersihkan permukaan meja dan lainnya secara rutin.
  5. Lakukan seksamana.
  6. Kenakan kemeja lengan Panjang & celana Panjang.
  7. Oleskan penolah serangga dengan kandungan DEET sebelum pergi ke daerah berumput atau berhutan.

Karena kondisi ini dapat terjadi akibat faktor yang berbeda, penanganan dan pencegahannya juga bermacam-macam. Yang terpenting, Anda harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, menghindari infeksi, menjaga kebersihan, serta melakukan seks yang aman.

Anda juga harus menghindari obat-obatan yang dapat menyebabkan petekie seperti penisilin, antidepresan, heparin, antropin, naproxen, dll. Itulah cara terbaik untuk mencegah kondisi ini terjadi pada Anda dan keluarga. Pasalnya, kondisi ini bisa terjadi pada siapapun, baik anak-anak maupun dewasa.