August 3, 2021

Trendrays.com

Trend Info Terkini

Joko Anwar Sebut Pembajakan Film Masih Menjadi Masalah Besar Dalam Dunia Perfilman

Kemajuan teknologi di bidang perfilman juga membawa dampak negatif, yaitu pembajakan film oleh oknum tidak bertanggung jawab. Film–film yang sudah memiliki hak cipta seharusnya dilindungi oleh Undang Undang hak cipta. Akan tetapi sampai saat ini kasus pembajakan film–film yang berhak cipta masih marak dilakukan tanpa memedulikan hak cipta itu sendiri.

Tak hanya meresahkan, pembajakan ini membuat para pembuat film merasa tak dihargai karyanya. Joko Anwar, sutradara ternama Indonesia menyayangkan hal tersebut, menurutnya pembajakan khususnya di Indonesia belum dapat dihentikan dan dikendalikan. "Pembajakan itu masih belum bisa terhenti masih belum dikendalikan di Indonesia karena masih belum dikendalikan dengan tegas, selama ini masih ditutup masih diblocking situsnya," kata Joko Anwar saat webinar bersama PPI Belanda, Sabtu (27/3/2021).

Tindakan yang belum maksimal dari para instansi terkait, membuat para pembajak dapat dengan mudah mengganti domain server agar dapat bisa diakses kembali setelah situsnya dinonaktifkan. "Tentunya mereka dengan sangat gampang mengganti domain karena servernya juga masih gampang diakses, masih belum ada satu tindakan secara sinergi dari badan badan pemerintahan, kepolisian," ungkapnya. "Orang yg memiliki kemampuan cyber crime yang mempuni juga bisa membantu," tambahnya.

Joko Anwar mengimbau pemerintah untuk tegas dan juga efisien dalam membrantas pembajakan film. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.