September 18, 2021

Trendrays.com

Trend Info Terkini

Krisis Akibat Pandemi Saat Ini Terberat Sejak Indonesia Merdeka Komite Covid-19

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Raden Pardede menyatakan, pandemi berskala besar biasanya terjadi satu abad sekali. Raden Pardede mengatakan, pandemi Covid 19 saat ini merupakan krisis di sektor kesehatan terberat sejak Indonesia merdeka. "Krisis kesehatan saat ini merupakan yang terberat yang dialami Indonesia sejak kita berdiri. Jadi, terakhir sekali kita lihat pandemi seperti Spanish flu adalah tahun 1918," ujarnya dalam video conference, Rabu (10/3/2021).

Kendati mengalami tekanan berat, tapi negara lain juga mengalami hal serupa dengan Indonesia karena pandemi berdampak multidimensi. "Berdampak kepada sektor kesehatan, ekonomi, sosial, dan kegiatan kegiatan keagamaan," kata Raden. Sementara, pandemi Covid 19 sangat berbeda jika dibandingkan dua krisis sebelumnya yakni Asian financial crisis di 1998 dan global financial crisis di 2008.

Menurut Raden, dua krisis sebelumnya itu berawal dari sektor ekonomi dan sektor keuangan, beda dengan pandemi yang sumbernya adalah kesehatan. Karena sumber daripada krisis tersebut berbeda dengan 1998 dan 2008, maka pemerintah terus mencari cara agar dapat menangani dampak pandemi Covid 19. "Ini berbeda, kita belajar mencari jalan keluar dengan melakukan penyesuaian sana sini yang paling optimal," pungkasnya.