June 17, 2021

Trendrays.com

Trend Info Terkini

MANFAAT TENDER PROYEK, YANG FITURNYA SEGERA HADIR PADA PADI UMKM

 

Proses bersifat transparan bagi semua pihak, dikarenakan setiap penawaran pada masing-masing perusahaan dapat terlihat oleh pihak yang bersangkutan. Inilah yang menjadikan tender proyek bumn sebagai proses yang dapat meminimalisir penipuan. Selain itu, kegiatan tender proyek bumn yang diikuti oleh peserta yang terverifikasi membuatnya samakin meyakinkan. Keuntungan ini akan terasa baik bagi pihak peserta maupun penyelenggara. Bagi peserta adalah untuk mengetahui kemampuan kompetitor dan merencanakan penawaran sesuai dengan kebutuhan dari penyelenggara. Sedangkan untuk penyelanggara adalah dapat terbantu dalam proses analisa.

Penyelenggara akan lebih efektif dalam pengadaan jasa & barang, karena keuntungan tender proyek bumn adalah untuk efektifitas penyelenggara dalam menemukan penawaran jasa & barang dari berbagai perusahaan. Tentunya hal tersebut akan lebih menghemat waktu dan tenaga dalam mendapatkan penawaran yang terbaik.

Memperbanyak portofolio projek, Salah satu keuntungan lain yang dapat didapatkan melakui tender proyek bumn yaitu untuk memperbanyak portfolio projek. Jika suatu perusahaan memenangkan tender dan berhasil menyelesaikan projek yang dibuat, maka hal tersebut dapat menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut dipercaya dan mampu menyelesaikan projek. Semakin banyak portofolio yang dimiliki, maka kepercayaan dari pihak lain juga dapat tumbuh dari perusahaan tersebut.

Projek bersambung yang menguntungkan bagi perusahaaan, Jika perusahaan pemenang tender proyek bumn telah berhasil menyelesaikan projek dan memuaskan pihak penyelenggara, maka perusahaan tersebut dapat berpeluang untuk kembali mendapatkan projek tanpa melalui kegiatan tender. Kepercayaan dari kedua belah pihak tentu akan tumbuh jika projek yang dijalankan dapat berhasil dan memuaskan. Begitupula bagi pihak penyelenggara agar tidak kembali melakukan tender untuk efektivitas waktu maupun tenaga. Dari sini, tender proyek bumn adalah sebuah tempat untuk menciptakan kepercayaan antar dua pihak.

Memperbanyak relasi dan kontak perusahaan, Relasi antara peserta dan penyelenggara akan terhubung melalui kegiatan tender proyek bumn. Baik bagi peserta ataupun penyelenggara akan mendapatkan kontak terkait suatu perusahaan. Sehingga jika suatu saat membutuhkan perusahaan dapat lebih mudah mencari pihak yang bersangkutan. Banyaknya relasi tentu akan sangat menguntungkan pula bagi perkembangan perusahaan umkm yang lebih maju.

Kenaikan pemasukan baik bagi peserta ataupun penyelenggara, Bagi penyelenggara, kegiatan tender proyek bumn adalah dapat memberikan omset karena para peserta perusahaan tentunya akan berlomba-lomba melakukan penawaran terbaik. Jika pihak penyelenggara mendapatkan penawaran yang sesuai dengan apa yang diinginkan, tentunya akan menambah omset perusahaan karena dapat menghemat pengeluaran. Sedangkan bagi pihak peserta adalah untuk mendapatkan nilai kontrak yang besar, jika nilai kontrak semakin besar, tentunya pertumbuhan dari segi operasional juga akan meningkat.

PaDi UMKM sebagai platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini memperbaharui fitur mereka yaitu eprocurement. Eprocurement sendiri belum diketahui kapan aktifnya di platform digital tender proyek BUMN ini.